PROFIL KB IT UBK
Segala
puji bagi Allah SWT, hanya dengan ijin-Nya terlaksana segala macam amal
kebaikan dan diraih segala macam kesuksesan.
Dari
sejak berdirinya Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Umar Bin Khathab sejak tahun 1999,
dengan segala kelebihan dan kekurangannya, menuju profesionalisme sesuai
tuntutan masyarakat dibidang Pendidikan Usia Dini. Maka dari tahun ke tahun
banyak masyarakat yang berkeinginan untuk memasukkan putra-putrinya yang
berusia dibawah tiga tahun dengan berlandaskan Al-Qur’an surat Luqman ayat 13-19 Allah telah
mengajarkan kepada manusia bagaimana memberikan pelayanan pendidikan yang tepat
untuk anak sejak dini. Maka dari itu kami berusaha untuk mendirikan KBIT Umar
Bin Khathab.
Dan pada tahun 2003 kami membuka satu
kelompok bermain usia 3 tahun. Pada tanggal 1 November 2005 Kepala Dinas
Pendidikan Kabupaten Kudus telah memberikan izin secara resmi untuk untuk penyelenggaraan KBIT Umar Bin Khathab.
A. GAMBARAN UMUM KBIT UMAR BIN
KHATHAB
1. Nama Lembaga :
KBIT Umar Bin Khathab
2. Organisasi induk :
Yayasan Sosial Pendidikan Al Fath
3. Alamat Lembaga :
Jl. Salamah No. 1 Purwosari Kudus
4. Telepon :
(0291) 438551
5. Tahun Berdiri :
2003
6. Rumpun Pendidikan :
Khusus
7. Jenis Pendidikan :
Pra Sekolah
8. Jumlah Anak Yang
Dilayani : 84 Anak
9. Kapasitas
tampung : 84 Anak
10. Waktu Pelayanan : Hari Senin s/d Kamis
07.30 – 12.30 WIB
Hari
Jum’at 07.30 – 10.30 WIB
Tujuan
Dalam
Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
adalah salah satu upaya pembinaan yang ditujukan untuk anak sejak lahir sampai
dengan 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk
membantu pertumbuhan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki
kesiapan dalam memasuki jenjang pendidik.
Visi ,Misi dan Tujuan Lembaga
Visi : Menjadi lembaga pendidikan yang mencetak generasi
Robani yang shalih, cerdas dan kuat.
Misi :
1. Menyelenggarakan
pendidikan yang sistematis, terarah dan profesional dalam mengembangkan fitrah
anak menjadi pribadi Islami.
2. Menjalin kerjasama dengan
lembaga-lembaga lain baik formal maupun non formal dalam rangka pengembangan
SDM yang berkualitas.
3. Menjadi lembaga pendidikan
pra sekolah rujukan di Kabupaten Kudus.
Tujuan :
1. Membekali peserta didik
dengan nilai-nilai Al-Qur’an dan Sunnah sendiri mungkin agar terbentuk
kepribadian Islami.
2. Menanamkan nilai-nilai
keimanan dan ketaqwaan serta pembiasaan amal Islami sesuai dengan taraf
perkembangannya.
3. Membantu pembangunan
fisik, psikis, ocial serta intelektual secara optimal selaras dengan
nilai-nilai islam untuk menuju jenjang pendidikan dasar.
Landasan Yuridis
KBIT Umar
Bin Khathab terselenggara berdasarkan landasan yuridis berikut :
1.
Undang –undang No.4 Tahun 1979 tentang
Kesejahteraan Anak.
2.
Undang – undang No.23 Tahun 1992 tentang
Kesehatan.
3.
Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 1990 tentang
Pendidikan Pra Sekolah.
4.
Instruksi Presiden RI
No.2 Tahun 1989 tentang Pembinaan Kesejahteraan Anak
Sasaran
Adapun
sasaran pelayanan di KBIT Umar Bin Khathab adalah sebagai berikut
1.
Anak usia 2 - 4 Tahun
2.
Orang Tua anak
3.
Warga masyarakat lain
Pengelompokan Anak
Pengelompokan
anak di KBIT Umar Bin Khathab di bagi dalam 2 kelompok, yaitu sebagai berikut :
1.
Kelompok Kecil : 2 - 3 Tahun
2.
Kelompok Besar :
3 - 4 Tahun
Persyaratan
Adapun Kriteria untuk menjadi anak
didik pada KBIT Umar Bin Khathab, antara lain
1. Anak usia dini, usia 2 - 4
tahun
2. Sehat jasmani dan rohani
3. Bersedia mentaati tata
tertib KBIT Umar Bin Khathab
4. Memenuhi biaya yang telah
disepakati
5. Lulus tes seleksi calon
siswa baru
6. Membawa foto copy akte
kelahiran 1 lembar
7. Membawa foto warna 3 x 4 ,
2 lembar
8. Mengisi formulir
pendaftaran secara lengkap
9. Infaq pendaftaran Rp 100.000,-
10. Mengembalikan formulir
pendaftaran maximal 3 hari setelah pengambilan, kemudian orang tua mengikuti
wawancara dengan pihak sekolah sesuai jadwal.
Kurikulum
Program pembelajaran pada KBIT UBK
menggunakan pendekatan sentra. Proses pembelajaran anak berpusat disentra main
dan saat anak dalam lingkaran menggunakan 4 jenis pijakan (scaffolding) untuk mmendukung perkembangan anak yaitu, 1) pijakan
lingkungan main, 2) pijakan sebelum main, 3) pijakan selama main, 4) pijakan
setelah main.
Pijakan adalah dukungan yang berubah-ubah,
disesuaikan dengan perkembangan yang dicapai anak dan bertujuan untuk mencapai
perkembangan yang lebih tinggi. Sentra main adalah area main yang dilengkapi
seperangkat mainan dan berfungsi sebagai pijakan lingkungan yang diperlukan
untuk mendukung perkembangan anak dalam 3 jenis main, yaitu :
1. Main sensorimotor/fungsional
2. Main peran
3. Main pembangunan
Macam-macam
sentra yang di buka di KBIT Umar Bin Khathab, yaitu :
1. Sentra Persiapan
2. Sentra Main Peran
3. Sentra Alam Sekitar
4. Sentra Balok
5. Sentra Seni dan
Kreatifitas
JADWAL KEGIATAN HARIAN
KBIT Umar Bin Khathab
Hari
|
Pukul
|
Kegiatan
|
Senin - Kamis
|
07.30 – 08.15
08.15 – 08.30
08.30 -
09.15
09.15 – 09.45
09.45 – 10.00
10.00 – 11.30
11.30 -
12.00
12.00 – 12.30
12.30 – 12.45
|
Ikrar, Do’a, Muraja’ah Bersama
Bermain bebas, Toilet training
Berbagi cerita, Qiro’ati, Story Reading
Cuci tangan, Makan snack
Bermain bebas
Sentra
Makan siang
Wudlu, Sholat, Muraja’ah
Berdo’a sebelum pulang
|
Hari
|
Pukul
|
Kegiatan
|
Jum’at
|
07.30 – 08.00
08.00 – 08.15
08.15 -
09.30
09.30 – 10.00
10.00 – 10.30
|
Ikrar, Senam, Do’a
Bermain bebas, Toilet training
Jum’at ceria
Cuci tangan, Makan snack
Imtaq dan Do’a sebelum pulang
|
B. PROSES BELAJAR MENGAJAR DI KBIT UMAR BIN
KHATHAB
1. Materi
Materi yang diberikan di KBIT Umar Bin Khathab berdasarkan
usia dan kemampuan anak. Dalam pelaksanaannya materi yang di berikan
berdasarkan jenis kemampuan dasar dan pembentukan prilaku, yaitu sebagai
berikut :
1) Kemampuan Dasar
- Kemampuan berfikir, yang meliputi daya tangkap, daya ingat, kreatifitas, imajinasi.
- Kemampuan motorik halus dan kasar
- Kemampuan bahasa
2)
Pembentukan Prilaku, meliputi :
- Disiplin
- Sosialisasi
- Sikap
- Perkembangan Emosi
3) Materi
Imtaq meliputi : hafalan surat, doa, dan
hadits
2.
Metode
Metode yang digunakan di KBIT Umar Bin Khathab adalah sebagai berikut :
a.
Bercerita
b.
Bernyanyi
c.
Pemberian Tugas
d.
Tanya Jawab
e.
Bercakap cakap
f. Karyawisata
3.
Media
Media
yang di sediakan oleh KBIT Umar Bin Khathab antara lain :
- Elektronik ( televise, radio, kaset )
- Benda sesungguhnya yang meliputi berikut ini :
1)
Indoor, yaitu gitar, perkusi,organ, bola, lego
dll
2)
Outdoor, yaitu ayunan dan prosotan
- Imitasi, yang meliputi maket rumah ibadah, alat pertukangan, rambu rambu lalu lintas dll
- Alat cetak, meliputi : buku cerita, lembar kerja, kartu huruf dll
4.
Evaluasi
Evaluasi perkembangan anak di lakukan
setiap 6 bulan sekali dalam bentuk raport dan surat keterangan bagi anak yang ingin
melanjutkan ke jenjang pendidikan lanjutan. Evaluasi perkembangan anak ini
dilaporkan kepada orang tua. Penilaian diambil berdasarkan penilaian dari para
pendidik terhadap hasil karya anak dan perilaku yang di tunjukkan oleh anak
sehari hari.
C. SUMBER
DAYA MANUSIA
1. KBIT Umar
Bin Khathab memiliki sumber daya manusia sebagai berikut :
a.
18 pegawai, yang terdiri dari 1 orang pimpinan,
3 wakil kepala yang merangkap sebagai guru kelas dan 1 bendahara,1 sekretaris, 9
guru kelas, 2 guru bantu,1 penjaga.
b.
5 pegawai bertugas
sebagai pramubakti
c.
Tenaga medis dan psikolog
2. Latar belakang pendidikan para tenaga pelaksana KBIT Umar Bin
Khatab adalah sebagai berikut :
a. Pimpinan KBIT,
yaitu : Sarjana
b. Para pembimbing , ada yang Sarjana,
Diploma, SMA
c. Pramubakti, yaitu SMA
3. Job description
Ø
Kepala KBIT
1.
Mengkoordinasi perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi bagian administrasi
2.
Penanggung jawab keseluruhan KBIT
3.
Mengadakan koordinasi dengan , KBIT, TKIT, SDIT
dan Yayasan
4.
Memimpin rapat guru dan mengadakan koordinasi guru
tiap pekan
5.
Menghadiri acara dan undangan dari luar atau
mewakilinya
6.
Memikirkan dan merencanakan perkembangan dan
kemajuan KBIT
7.
Mengawasi dan mengontrol kinerja guru dan karyawan
8.
Memantau pelaksanaan tata tertib dan kompensasinya
9.
Memikirkan, merencanakan dan mengevaluasi kegiatan
peningkatan kualitas guru dan karyawan
10.
Merekrut SDM baru jika dibutuhkan
11.
Mengadakan supervisi KBM
12.
Mengadakan rapat koordinasi dengan koordinator dua
bulan sekali
Ø
Guru Kelas
1.
Menyambut siswa datang dan mengawasi ketika pulang
2.
Membimbing siswa ketika journal dan privat serta
bertanggung jawab terhadap pelaksanaan KBM
3.
Menulis / mengisi buku penghubung
4.
Membimbing
dan mendampingi saat snack time
5.
Membimbing
dan mengawasi siswa ketika makan dan wudlu
6.
Membimbing
sholat berjama’ah dan do’a
7.
Bertanggung
jawab terhadap kebersihan dan kerapian kelas termasuk sandal, sepatu dan tas
siswa, termasuk mematikan barang-barang elektronik dan mengembalikan ke tempat
semula
8.
Bertanggung
jawab terhadap semua administrasi kelas dan melaporkan kepada kepala sekolah
secara berkala
9.
Home visit
ke siswa terutama awal semester I
10. Mengikuti rapat koordinasi tiap pekan
11. Melakukan sharing perkembangan anak dengan wali
murid tiap bulan
Ø Guru
Sentra
1.
Mengelola
kelas sentra
2.
Mempersiapkan
lesson plan, peraga dan buku-buku pendukung
3.
Bertanggung
jawab terhadap kebersihan kelas sentra, termasuk mematikan barang-barang
elektronik dan mengembalikan ke tempat semula
4.
Membuat
evaluasi pelaksanaannya setiap hari
5.
Mengikuti
supervisi
6.
Berkoordinasi
dengan guru sentra putaran yang lain
Ø Guru
Piket
1.
Menyambut
siswa datang dan mengawasi siswa yang pulang
2.
Membantu
dan memantau siswa jika buang air ke kamar kecil ( toilet training )
3.
Bertanggung
jawab terhadap aktivitas siswa di luar kelas
4.
Mengawasi
kedisiplinan anak dalam menggunakan dan merapikan kembali sepatu, sandal dan
alat permainan
5.
Menggantikan
guru kelas / sentra ketika ada guru yang berhalangan hadir
6.
Memandu
anak berdo’a jika terlambat
7.
Mengawasi
dan mengembalikan anak-anak yang keluar dari sentra
8.
Membantu menyiapkan dan membersihkan kelas sentra
jika dibutuhkan
Ø
Administrasi / tata usaha
1.
Bertanggung jawab terhadap administrasi KBIT Umar
Bin Khathab, pembelajaran, ketenagakerjaan, kesiswaan
2.
Bertanggung jawab atas ketertiban pengarsipan
surat masuk dan keluar
3.
Bertanggung jawab atas ketertiban pengarsipan
dokumen-dokumen sekolah
4.
Bertanggung jawab atas laporan bulanan sekolah ke
Dinas
Ø
Bendahara
1.
Bertanggung jawab keseluruhan keuangan
2.
Bersama kepala sekolah membuat RAPBS
3.
Memberikan info kepada guru atas anak yang
terlambat membayar SPP, pendistribusian buku tabungan
4.
Melakukan pencatatan penyimpanan dan kontrol
terhadap uang masuk dan keluar secara tertib
5.
Bertanggung jawab atas pelaksanaan pemeriksaan
kesehatan sekolah
6.
Membantu kepala sekolah dalam pengelolaan keuangan
sentra
D. SARANA
DAN PRASARANA
Bangunan KBIT Umar Bin Khathab di bagi menjadi 3
lantai, dengan perincian sebagai berikut :
- Lantai Bawah
Lantai
bawah digunakan untuk anak usia 2 – 4 tahun, yang terdiri dari ruang kelas,
parkir, kamar mandi, dan tempat bermain.
- Lantai Atas
Lantai
atas di gunakan untuk :
- Ruang Kantor
Ruang ini
di gunakan untuk kepala KBIT, tenaga administrasi serta ruang tamu.
Perlengkapan yang ada di ruang ini adalah 2 buah unit computer, 3 set meja dan
kursi, 1 set kursi tamu, dan rak buku
b. Ruang serbaguna
Ruang serbaguna di
gunakan untuk pertemuan wali siswa, pengajian
pekanan, rapat guru,
parenting class dan kegiatan lainnya.
c. Musholla
E. SITE PLAN KBIT UMAR BIN KHATHAB
KBIT Umar Bin Khathab berlokasi di
Jl. Salamah No. 1 Purwosari Kota Kudus. Luas ruangan yang di gunakan adalah : ±
715 m2 , dan berlantai 3. Ruangan
KBIT Umar Bin Khathab terdiri dari beberapa ruangan, yaitu indoor dan outdoor,
Adapun keterangannya sebagai berikut :
- Ruang Indoor
Ruang
Indoor KBIT Umar Bin Khathab terdiri dari beberapa ruangan dengan rincian berikut :
- Ruang Kantor : ± 54 m2
- Ruang Serbaguna : ± 108 m2
- Ruang Kelas : ± 54 m2
- Kamar Mandi : ± 3 m2
- Dapur : ± 15 m2
- Ruang Outdoor
Ruang
Outdoor KBIT Umar Bin Khathab merupakan ruang bermain
luas 70 m2
Tidak ada komentar: